Saturday, 8 November 2025

DOCUMENTATION : Day 01 - USS Nov' 2025




DOCUMENTATION :  Day 01 - USS Nov' 2025 
Location : JCC, Jakarta
 
Bahasa Indonesia
Kalau kalian penggemar iam.ran atau penggemar budaya, kalian pasti tahu, USS adalah ajang penggerak budaya di Indonesia bagi generasi muda. Saya sudah mendokumentasikan acara mereka sejak awal, ketika mereka masih di pojok mal Grand Indonesia. Dari dulu, mereka sudah membangun bata, dan generasi demi generasi telah berlalu, sekarang mereka punya bola salju. Setiap kali mereka berevolusi, mereka menjadi lebih besar dan belajar dari kesalahan mereka untuk menjadi raksasa seperti sekarang.
Belajar dari kesalahan mereka untuk menjadi raksasa seperti mereka saat ini.
Bagi kalian yang baru mengenal saya, acara ini berlangsung selama 3 hari, untuk generasi muda yang berbakat dalam berproduksi, memamerkan karya mereka, dan membangun merek mereka agar publik melihatnya. Dari perspektif saya, kali ini, evolusi USS telah mengubah Gen Z menjadi lebih dominan. Mereka mendorong tema generasi tersebut. Acara ini memiliki orientasi fesyen yang kuat dan partisipasi/dukungan dari masyarakat sangat besar!
Saya juga memperhatikan, jumlah sepatu kets berkurang dan lebih banyak merek pakaian, aksesori, jam tangan, barang elektronik, parfum, furnitur, barang bekas, musik, piringan hitam vintage + kamera, Hot Wheels, dan bahkan kartu ucapan Pockemon.
Hal lain yang saya perhatikan, banyak orang Malaysia yang menghadiri acara ini. Saat saya berbincang dan mewawancarai beberapa orang secara acak, mereka memberi tahu saya bahwa orang Malaysia memang mengagumi kancah lokal Indonesia dan ingin menginvestasikan gaya mereka ke dalam gaya Indonesia. Ada juga beberapa merek lokal yang berkolaborasi secara internasional. Seperti Compass yang berkolaborasi tiga arah dengan FDMTL x CrossOver (Malaysia), sepatu kets Kanki dengan Jeff Staple, dan Calle x SVG (Malaysia), sebagai contoh.
Saya pikir secara keseluruhan USS berjalan baik tahun ini, tahun lalu melambat karena banyak faktor X, tetapi tahun ini terasa seperti awal USS sebelum era COVID. Lalu lintas padat, orang-orang bersenang-senang dan menikmati suasana serta membeli barang dagangan. Jika Anda belum pernah ke USS dan ingin tahu apa yang dilakukan generasi muda, acara mereka wajib dikunjungi, saya selalu pergi untuk tujuan penelitian saya tentang hal-hal terbaru dan untuk mendapatkan perspektif yang lebih luas.
Di penghujung setiap hari, untuk menutup hari, ada konser oleh band / musisi lokal. Di Hari 01, ada bakat viral bernama "Tenxi" yang membawakan genre Hip Dut, Hip-Hop Dangdut! dan penonton menjadi heboh.
Jadi, lihat dokumentasi saya!
  
 click lebih lanjut untuk full documentationnya.
(Klik "read more " untuk melihat lebih banyak foto dokumentasi)

ENGLISH 
If your a follower of iam.ran or into the culture, You guys know, USS is a culture movers event in Indonesia on the young generation. I've been documenting their event very early when they are still in a corner of Grand Indonesia mall. True out times, they have been laying bricks and generation after generation had pass true, now they had snow ball. Every time they evolve, they become bigger and learn from their pass mistakes to become a giant like they are right now right now. 
If you guys new to me, its a 3 days event, for the you generation that have tallents in producing, showcase their work and branding themselve for the public to see.  From my perspective , This time, the evoluton of USS had turn the Gen Z.Heavy. they push  that generation theme.  it was a storng Fashion orientation and the turn out / Support from the people is huge !.
I notice as well, there are less Sneakers and more clothing brand, acessories , watches, electronice, parfume, furniture, thrifting, Music, Vintage LP + Cameras, Hot wheels and even pockemon cards. 
Another thing i notice, there were alot of Malaysian that were attending this event. as i talk and interview a couple of random people, they inform me that Malaysian do , look up to Indonesian local scene and want invest their style to indonesian style. there were a few local brand as well collaborating internationally. Such as Compass doing 3 way collabs with FDMTL x CrossOver (malaysia), Kanki sneakers with Jeff Staple,and Calle x SVG( malaysia), to name a few.

i think as an overall USS did well this year, last year had slow down cause of many X factor, but this year feels like early USS pre COVID era. traffic was heavy , people were heaving fun and enjoying the vibe and buying merch. if you have never gone to USS and wants to know what the young generation doing, their event is a must go to, i always go for my research purposes on the lates and to get a broader perspective.
At the end of each day, to close the day, there are concert by local band / musician. in Day 01, there is a viral talent name " Tenxi " who does Hip Dut genre, Hip-Hop Dangdut ! and the croud went wild. 
so check out my documentation !           
 
 Click further for full documentation.
(click on " read more " to see more documentation photo

SPECIAL THANKS :Tom Cuk, for helping me when i got stop holding camera and giving me media access for 3 days so i can document the scene ! 



Bahasa Indonesia
this is my first time going to USS and experience buying tickets. i thought it would be hard , but it was easy and the price only Rp 80.000. and the staff was very nice and helpfull. 
ENGLISH 
ini pertama kalinya aku ke USS dan pengalaman beli tiket. tadinya aku kira bakal susah, ternyata gampang dan harganya cuma Rp 80.000. dan stafnya juga baik dan membantu.









































































No comments:

Post a Comment